Profil Masyarakat Desa

PEMERINTAH DESA NYALIAN

           Desa Nyalian merupakan salah satu Desa yang mempunyai jumlah penduduk paling banyak antara Desa lainnya Di Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, namun secara kewilayahan Desa Nyalian memiliki luas wilayah terbesar ke 2(dua) setelah Desa Takmung. Hal tersebut membuktikan bahwa Desa Nyalian memiliki keadaan penduduk yang cukup padat. Jumlah penduduk Desa Nyalian  berdasarkan hasil sensus pada bulan Januari tahun 2019, adalah sebanyak 5569 jiwa, terdiri dari 2776 jiwa penduduk laki-laki dan 2793 jiwa penduduk perempuan, yang terdiri dari 1244 KK. Sedangkan jumlah RTM sabanyak 165 RTM.

           Struktur penduduk menurut pendidikan menunjukkan kualitas sumber daya manusia yang dipunyai Desa Nyalian, yaitu yang berusia pada usia pendidikan dasar 7 tahun s/d 16 tahun (pendidikan sekolah dasar dan menengah)  yang belum pernah sekolah sedang mengikuti pendidikan dan sisanya  tidak bersekolah lagi.

Sedangkan yang berusia diatas 16 tahun  (diatas usia pendidikan dasar) yang belum pernah sekolah, sedang mengikuti pendidikan  dan sisanya  tidak bersekolah lagi, baik pada tingkat lanjutan dan perguruan tinggi. 

Struktur penduduk menurut agama menunjukkan sebagian besar penduduk Desa Nyalian beragama Hindu (100 %).

             Seiring berjalannya waktu data hasil sensus tahun 2019 tentunya telah mengalami perubahan, dengan sistem SID ini data lebih mudah diperbarui dikarenakan telah kerjakan oleh sistem komputer. Silahkan klik menu data desa pada header bar pada web ini untuk mendapatkan tampilan data statistik per kategori. 

             Data yang tampil adalah statistik yang didapatkan dari proses olah data dasar yang dilakukan secara offline di kantor desa secara rutin/harian. Data dasar di kantor desa diunggah ke dalam sistem online di website ini secara berkala. Silahkan hubungi kontak pemerintah desa untuk mendapatkan data dan informasi desa termutakhir.

Profil sosial masyarakat

           Kebudayaan daerah Desa Nyalian tidak terlepas dan diwarnai oleh Agama Hindu dengan konsep “Tri Hita Karana” (hubungan yang selaras, seimbang dan serasi antara manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungannya). Dalam aktivitas keseharian, masyarakat Desa Nyalian sangat taat dalam menjalankan kegiatan keagamaan. Luas wilayah wilayah Desa Nyalian secara adat terbagi menjadi 4 (empat) Desa Pakraman yang terdiri dari (1). Desa Pakraman Nyalian mencakup 5 (lima) Banjar Dinas yaitu : Banjar Dinas Pekandelan, Geria, Kelodan, Kapit dan Dukuh. (2) Desa Pakraman Umanyar hanya mencakup Banjar Dinas Umanyar, (3) Desa Pakraman Pemenang hanya mencakup Banjar Dinas Pemenang, (4) Desa Pakraman Tegalwangi juga hanya mencakup Banjar Dinas Tegalwangi. 

          Masing-masing Desa Pakraman mempunyai Organisasi Bendesa yang mengatur segala kegiatan adat yang diwilayahi, serta bertanggungjawab terhadap Pura Kahyangan Tiga (Puseh, Pura Bale Agung, Dalem) yang ada di setiap Desa Pakraman. Pada peringatan hari besar Hindu dan Hari Piodalan di Pura Kahyangan Desa, penduduk Desa Adat di Desa Nyalian kerap menggelar upacara peringatan hari besar keagamaan dan tradisi tersebut.

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap masyarakat akan turut serta dan semangat  dalam acara peringatan tersebut.

         Kelompok pemuda di Desa Nyalian yang tergabung dalam kelompok pegiat Karang Taruna menjadi aktor utama dalam banyak kegiatan desa. Kelompok ini aktif menggelar program kegiatan untuk isu demokrasi kepada warga, pelatihan penanggulangan bencana, dan kampanye Gerakan Remaja Anti Narkoba dan Seks Bebas. Kelompok Pemuda di Desa Nyalian yang tergabung dalam Sekaha Teruna Teruni (STT) pada setiap Banjar Adat maupun Dinas, tergabung manjadi Kader Gerakan Bersama Kader Anti Rokok (Kader GEBRAK), mendukung penuh Peraturan Bupati Klungkung dalam mewujudkan Kabupaten Klungkung yang bersih dari asap Rokok.

         Permasalahan mendasar yang ada di Desa Nyalian adalah ketidak seimbangan antara potensi dan mayoritas sumber daya alam yang berada di Desa Nyalian merupakan lahan pertanian serta perkebunan, sedangkan mayoritas penduduknya lebih memilih mencari mata pencaharian di sektor lain seberti pertukangan, industri perhotelan dan jasa lainnya. Namun hai ini tentunya dipengaruhi beberapa faktor penyebabnya, mulai dari telah terbatasnya sumber air, dan kualitas panen yang memburuk. Faktor tersebut menjadi penyebab utama peralihan jenis tanam dan minat usaha yang hingga kini masih menjadi PR yang harus dipecahkan di Desa Nyalian.

Profil Politik Masyarakat

            Masyarakat Desa Nyalian sudah mengenal sistem demokrasi secara dinamis, serta memilikim partisipasi politik yang cukup besar. Keadaan pendudukanya yang besar juga mempengaruhi keberagaman pada kondisi polotik di Desa Nyalian, sehingga benyak dari pemilik kepentingan politik yang memperhitungkannya. Kendati demikian kondisi politik di Desa Nyalian masih tetap kondusif serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Pengaduan Online

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Perbekel Sekdes Kasi Pemerintahan Kasi Kesejahteraan Kaur Keuangan Kaur Umum dan Tata Usaha Kaut Perencanaan Staf Administrasi Desa Kelihan Banjar Dinas Pekandelan Kelihan Banjar Dinas Kelodan Kelihan Banjar Dinas Geria Kelihan Banjar Dinas Kapit Kelihan Banjar Dinas Dukuh Kelihan Banjar Dinas Pemenang Kelihan Banjar Dinas Umanyar Kelihan Banjar Dinas Tegalwangi

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

STATISTIK COVID-19 DI INDONESIA