SURAT EDARAN DARI DINAS PEMAJUAN MASYARAKAT ADAT PROVINSI BALI

Ida Bagus Putu Maha Buda Berita Desa

Om Swastyastu

Menindaklanjuti Surat Edaran dari Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali Nomor : 427/1640/PPDA/DPMA Tanggal 31 Maret 2020 Perihal Nunas Ica dalam upaya Pencegahan COVID-19 Berbasis Desa Adat di Bali, disampaikan kepada seluruh Krama Adat di masing-masing Desa Pakraman Se-Desa Nyalian supaya melaksanakan Upacara Nunas Ica Kerahayuan kepada Ida Betara Sesuhunan untuk keharmonisan Alam, Krama, dan Budaya di Desa Nyalian secara serentak dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Di Desa Adat :

  1. Upacara secara serentak dilaksanakan pada hari selasa (Anggara Umanis wuku Krulut), tanggal 31 Maret 2020 mulai pukul 18.00 Wita, dengan menghaturkan Pejati, dan Nyejer sampai dengan wabah Covid-19 berakhir dan ada pemberitahuan lebih lanjut.
  2. Nunas Ica bersama Pemangku di Pura Kahyangan Tiga dengan cara Nyejer Daksina sampai wabah Covid-19 berakhir dan ada pemberitahuan lebih lanjut; dan
  3. Memohon kepada Ida Betara Sesuhunan sesuai dengan Dresta Desa Adat setempat agar wabah Covid-19 segera berakhir demi keharmonisan Alam, Krama dan Budaya di Desa Nyalian;
  4. Khusus untutk Pelaksanaan Upacara di Pura Kahyangan Tiga pada Tanggal 2 April s.d 7 April 2020, Agar menghaturkan Banten Pejati dilengkapi dengan Bungkak Gadang/Bungkak Gading yang dilaksanakan Setiap Hari;
  5. Sedangkan untuk pelaksanaan Upacara pada Tanggal 2 April 2020 di  Rumah masing-masing :
  1. Di Merajan / Sanggah Keluarga: Menghaturkan Banten Pejati dilengkapi dengan Bungkak Gadang / Bungkak Gading;
  2. Di Lebuh Pekarangan : Menghaturkan Nasi Wong-Wongan, Ulam Bawang, Jahe dan Garam beralaskan Muncuk Daun Pisang (Don Telujungan) dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Kepala Wong-wongan (Berwarna Putih)
  • Tangan Kanan Wong-wongan (Berwarna Merah)
  • Tangan Kiri Wong-wongan (Berwarna Kuning)
  • Badan Wong-wongan (Manca Warna)
  • Kaki Wong-wongan (Berwarna Hitam)

2. Kegiatan Upacara Memohon kepada Ida Betara Sesuhunan dan menghaturkan Banten Pejati dilengkapi dengan Bungkak Gadang/Bungkak Gading yang dilaksanakan mulai Tanggal : 2 April s.d 7 April 2020 dilaksanakan di Pura dan di Merajan/Sanggah masing-masing, Selanjutnya Air Bungkak Gadang/Gading dipercikkan dan diminum bersama-sama.

3. Upacara tersebut agar melibatkan peserta yang terbatas (Paling Banyak 25 Orang) dan mengikuti standar keamanan kesehatan, dan dilaksanakan dengan tulus, ikhlas, tertib dan disiplin dengan penuh tanggung jawab.

Demikian yang dapat kami sampaikan kepada seluruh Krama Adat se-Desa Nyalian, dengan penuh harapan melalui kegiatan serentak Upacara Nunas Ica kepada Sesuhunan Sareng Sami, Desa Nyalian dapat terhindar dan dijauhkan dari penyebaran Virus Cavid-19.

Om Santih Santih Santih Om

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Pengaduan Online

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Perbekel Sekdes Kasi Pemerintahan Kasi Kesejahteraan Kasi Pelayanan Kaur Keuangan Kaur Umum dan Tata Usaha Kaut Perencanaan Staf Administrasi Desa Kelihan Banjar Dinas Pekandelan Kelihan Banjar Dinas Kelodan Kelihan Banjar Dinas Geria Kelihan Banjar Dinas Kapit Kelihan Banjar Dinas Dukuh Kelihan Banjar Dinas Pemenang Kelihan Banjar Dinas Umanyar Kelihan Banjar Dinas Tegalwangi

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

STATISTIK COVID-19 DI INDONESIA