Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyalian , Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Nyalian untuk seluruh masyarakat. MENUJU DESA NYALIAN HUMANIS TRANSPARANSI

Artikel

HIMBAUAN BAPAK BUPATI KLUNGKUNG TENTANG USAHA PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH

17 Juni 2020 14:16:53  PEMERINTAH DESA NYALIAN  67 Kali Dibaca 

Meneruskan Himbauan Bapak Bupati Klungkung Nomor : 441/207/Diskes yang diterbitkan pada Tanggal : 8 Juni 2020 Tentang intruksi dalam peran aktif masyarakat untuk melaksanakan kegiatan yang dapat memutus penyebaran virus Dengue yang disebabkan oleh Nyamuk Aedes Aegypti. Dalam Himbauan yang dimaksud menyampaikan terkait adanya peningkatan kasus DBD yang hampir di seluruh Desa/Kelurahan di Kabupaten Klungkung, maka dari itu perlu adanya kerjasama dari berbagai elemen masyarakat untuk memutus rantai penularan virus yang disebabkan oleh Nyamuk Aedes Aegypti ini.

Perlu diketahui bahwa Nyamuk Aedes Aegypti bisa berkembang dalam lingkungan yang lembab dan ais tergenang, dimana siklus hidup Nyamuk adalah 3 sampai dengan 10 Minggu dan masa penetasan telur adalah 10 sampai dengan 14 hari. Sekekor nyamuk betina dapat bertelur sebanyak 1000 butir tergantung jumlah darah yang dihisap. Aktifitas Nyamuk ini menggigit pada jam 6-9 pagi dan 15-17 sore serta gemar hinggap di baju yang digantung, belakang kulkas, Dispenser maupun vas bunga.

Berkaitan dengan hal tersebut, Desa Nyalian mempunyai suhu udara dan temperatur kelembaban yang sangat mendukung  perkembangan Aedes Aegypti serta sangat berpotensi terjadi penularan pvirus Demam Berdarah. Maka dari itu kami Pemerintahan Desa Nyalian lewat sinergitas Kader Jumantik tengah melakukan monitoring ke rumah-rumah warga serta pengaplikasian Bubuk Abate pada tampat-tempat penampungan air milik warga. Mengingat musim penghujan yang mulai dirasakan di Desa Nyalian hal ini penting dilakukan untuk memutus perkembang biakan Nyamuk Aedes Aegypti di tempat yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Kendati demikian usaha tersebut akan sia-sia apabila masyarakat tidak menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. Maka dari itu lewat Himbauan yang diterbitkan oleh Bapak Bupati Klungkung ini kembali kami mengajak seluruh masyarakat Desa Nyalian agar melaksanakan kegiatan Melakukan Pembersihan Sarang Nyamuk (PSN) 3 M Plus dan penaburan Abate secara berkala 1 (Satu) Bulan sekali dilingkungan tempat tinggal. Selanjutnya kami di Pemerintahan Desa Nyalian akan kembali para Kader Jumantik Desa Nyalian agar semakin meningkatkan pengabdian serta dedikasi sebagai benteng pertama penanggulangan menyebaran Nyamuk Aedes Aegypti di Desa Nyalian, serta di setiap Banjar akan diputarkan Audio Iklan Layanan Masyarakat DBD setelah pemutaran Puja Trisandya.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Pengaduan Online

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:360
    Kemarin:625
    Total Pengunjung:156.839
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.234.211.61
    Browser:Tidak ditemukan