Selamat Datang di Website Resmi Desa Nyalian , Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Nyalian untuk seluruh masyarakat. MENUJU DESA NYALIAN YANG HUMANIS DAN TRANSPARANSI

Artikel

RAPAT PERSIAPAN PEMBANGUNAN WC PROGRAM DANA DESA TAHUN ANGGARAN 2020

19 Juni 2020 14:53:30  PEMERINTAH DESA NYALIAN  3.940 Kali Dibaca 

Dalam mempercepat proses pelaksanaan Program Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2020 berupa Pengadaan 3 (tiga) Unit Pembangunan WC, melalui Program Dana Desa (DDS) Tahun 2020 di Desa Nyalian, Hari ini Jumat, 19 Juni 2020 pukul 09.00 wita dilaksanakan Rapat Persiapan yang dihadiri oleh calon penerima Pengadaan WC, Perangkat Desa, serta Tim Pengadaan Barang dan Jasa Pembangunan WC.

Dengan cepat terealisasinya Pembangunan WC atau Jamban ini diharapkan Desa Nyalian dapat terbebas dari kategori Buang Air Besar Sembarangan (BHBS) menuju desa yag ODF. Perilaku buang air besar sembarangan (BABS/Open defecation) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. BABS/Open defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak – semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air. Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas. Sedangkan Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free)  adalah Desa/kelurahan yang 100% masyarakatnya telah buang air besar di jamban sehat, yaitu mencapai perubahan perilaku kolektif terkait Pilar 1 dari 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Karakteristik Desa ODF (Open Defecation Free)

Satu komunitas/masyarakat dikatakan telah ODF jika :

  1. Semua masyarakat telah BAB hanya di jamban dan membuang tinja/kotoran bayi hanya ke jamban.
  2. Tidak terlihat tinja manusia di lingkungan sekitar.
  3. Tidak ada bau tidak sedap akibat pembuangan tinja/kotoran manusia.
  4. Ada peningkatan kualitas jamban yang ada supaya semua menuju jamban sehat.
  5. Ada mekanisme monitoring peningkatan kualitas jamban.
  6. Ada penerapan sanksi, peraturan atau upaya lain oleh masyarakat untuk mencegah kejadian BAB di sembarang tempat.
  7. Ada mekanisme monitoring umum yang dibuat masyarakat untuk mencapai 100% KK mempunyai jamban sehat.
  8. Di sekolah yang terdapat di komunitas tersebut, telah tersedia sarana jamban dan tempat cuci tangan (dengan sabun) yang dapat digunakan murid-murid pada jam sekolah.
  9. Analisa kekuatan kelembagaan di Kabupaten menjadi sangat penting untuk menciptakan kelembagaan dan mekanisme pelaksanaan kegiatan yang efektif dan efisien sehingga tujuan masyarakat ODF dapat tercapai.

Mengingat Desa Nyalian merupakan satu-satunya Desa di Kecamatan Banjarangkan yang belum menyandang predikat ODF, maka dengan usaha Pengadaan 3 (tiga) Unit WC ini diharapkan mampu membebaskan prilaku BHBS di Desa Nyalian di Tahun 2020 dan menuju predikat ODF di Tahun 2021. kendati demikian kami pihak Pemerintah Desa Nyalian kesadaran warga masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan merubah kebiasaan Buang Air Besar Sembarangan di sungai atau di lingkungan sekitar dan menerapkan pola hidup sehat.

Rudi
19 November 2021 06:14:52
Saya butu batuwan bagat agar ada donasi mebuat batuwan WC garati
Tatik susanti
15 September 2021 10:02:44
Bagaimaana cara agar saya dpt bantuan jamban dri ds
Sabar
13 Agustus 2021 02:49:57
Mau tanya untuk bantuan WC atau sipiteng apa aja yang di terima oleh si penerima dan kalau bentuk uang berapa nominalnya

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pengaduan Online

 Peta Desa

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:263
    Kemarin:256
    Total Pengunjung:560
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:10.91.41.254
    Browser:Tidak ditemukan